Follow us on:

Pages

Keamanan Jaringan Wireless


   Masalah keamanan jaringan selalu menjadi prioritas penting di pengembangan jaringan baik wiredmaupun wireless. WLAN mempunyai kemampuan fleksibilitas pengembangan yang sangat tinggi. Akan tetapi fitur ini justru menimbulkan beberapa keterbukaan yang potensial terhadap adanya akses-akses yang tidak diinginkan. Akses legal terhadap jaringan wireless access point anda akan mudah dilakukan apabila anda tidak mempersiapkan proteksi data yang lebih baik. Untuk itu, beberapa teknologi keamanan jaringan telah dikembangkan dengan berbagai tingkatan proteksi untuk keperluan jaringan wirelessdari home user hingga bisnis skala besar

1. Service Set Identifier (SSID)

   Merupakan kunci identitas WLAN yang telah umum digunakan. Klien harus dikonfigurasikan dengan menggunakan SSID yang benar untuk dapat melakukan akses ke jaringan WLAN. Kunci ini harus dapat di-share hanya pada mereka yang telah sah untuk melakukan akses jaringan. SSID harus dapat diubah-ubah secara periodic untuk lebih meningkatkan keamanan

2. Media Access Control (MAC)

   Filtering pada alamat-alamat tertentu untuk membatasi akses WLAN ke daftar computer yang dapat dibuat pada setiap access point.

3. Wired Equivalent Privacy (WEP)

   Skema enkripsi yang melindungi aliran data WLAN antara klien dan access point yang telah ditentukan oleh standar 802.11. Fitur ini harus diaktifkan walaupun fiturini terkadang mengalami kerusakan atau ketidakefisienan keamanan.
Selain fitur keamanan standar, para vendor jaringan pun telah mengembangkan beberapa mekanisme proteksi secara proprietary. Industri hardware serta industry jaringan telah berkolaborasi untuk membentuk system infrastruktur untuk dapat melakukan proteksi, interoperable, serta kemudahan dalam mengatur ekosistem mobile wireless.

4. Pencegahan Keamanan Jaringan yang Lain

   Masalah keamanan jaringan ini dapat menjadi permasalahanlaten yang tidak akan berhenti berkembang, sehingga updating serta pengembangan teknologi akan selalu terjadi kea rah yang lebih baik. Beberapa permasalahan jaringan wireless yang lain adalah :

a. Pemasangan Access Point Sembarangan

   Anda harus melakukan auditing atau pemeriksaan regular terhadap beberapa access point yang telah dipasang untuk mengulangi serta mengidentifikasi celah-celah keamanan yang diakibatkan oleh konfigurasi access point sembarangan. Pemasangan access point yang sembarangan dapat terjadi karena memang sengaja dan tanpa sepengetahuan pihak administrator pengelola jaringan atau bagian yang memang bertanggung jawab terhadap masalah jaringan. Pemasangan memang sengaja tidak mengonfigurasi saat memeasangan access point, sehingga membuka kesempatan terjadi akses-akses illegal pada jaringan

b. Virtual Private Network (VPN)
 
   teknologi ini menawarkan keamanan tambahan dengan membuat system tunel yang akan membungkus data dari akses-akses umum jaringan di internet dengan menggunakan proses enkripsi dan dekripsi pada proses transmisi data. Penerapan keamanan jaringan ini telah semakin umum digunakan pada klien VPN untuk melakukan akses jaringan internet, perusahaan menggunakan beberapa access point wireless.

0 Comments:

Post a Comment